,

Day #1 as Pendamping SMK 2012, Mengajar

AWAL...

Dapat opportunity sebagai peserta Program Pendampingan SMK 2012 oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat (LPM UNLAM). Sempat ragu karena saya betul-betul tidak berminat menjadi guru.

Tapi setelah ikut pelatihan dan tahu kalau tugas di sana bukan hanya sebagai guru tapi juga ada pengelolaan perpustakaan serta pengembangan ekstrakurikuler, saya langsung kena semangat '45.

Wokeh...meskipun saya orang sains yang kemampuan sosialnya pas-pasan, tapi saya ingin membuktikan bahwa pilihan saya dulu untuk ngotot tidak masuk fakultas keguruan memang tepat *looohhh. Belum lagi saya punya kesempatan untuk ikut membantu mengelola tempat favorit saya sedunia (perpustakaan) dan membayar hutang saya kepada my regency tercinta karena dulu sebagai siswa SMK sederajat *baca SMA yang sering ikut lomba mewakili daerah tapi tidak pernah menang-menang. So, kalau saya tidak bisa menang sebagai siswa, mungkin saya bisa menang sebagai pembimbing *oooh, I hope I hope I hope


PERJALANAN...

Memilih untuk ditempatkan di SMKN 1 Amuntai yang letaknya bersebelahan dengan sekolah saya dulu. Sebetulnya ingin sekali ditempatkan di tempat yang baru dan asing. Tapi takut nyusahin ortu kalau-kalau mereka perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memastikan saya hidup makmur di tempat orang.

Day 1...October, 1st 2012
Hari pertama tiba di sekolah, reaksi pertama adalah kaget dan bingung tentang ini sekolah parkirnya di mana ya, sepertinya bisa di mana saja *dipenghujung minggu baru saya tahu kalau tempat parkirnya sedang diperbaiki. 
Kemudian dengan was-was mencari kantor kepala sekolah dan ruang guru. Ok lah, proses pelaporan kedatangan sukses. Saya langsung dapat job buat menggantikan guru yang sedang pergi ke tanah suci dan yang sedang mengikuti pelatihan. Hari itu langsung dapat kesempatan ngajar selama 5 jam pelajaran. 
Kelas pertama yang saya masuki adalah kelas XII Teknik Jaringan dan Komputer. Pengalaman mengajar pertama. Syukurlah semua anaknya baik-baik dan lucu-lucu. G bikin grogi. Kita saling sharing soal sekolah mereka dan perkuliahan saya. Saya dapat foto pertama untuk dokumentasi dari sini. That was great, saya keluar dari kelas pertama itu dengan hati riang meskipun capek.
Kelas kedua yang saya masuki adalah kelas X Multimedia 1. Saya merasakan ada gangguan ditenggorokan *ya ampun sudah mulai serak. Alhasil saya tidak berhasil menarik perhatian siswa-siswi yang hampir semuanya membuka laptop di atas meja. Oh, ternyata mereka sedang mengerjakan tugas mengedit foto. Jadilah saya cuma keliling-keliling mengomentari hasil kerjaan mereka dan memberikan wejangan sana-sini.
Kelas ketiga di kelas XI Akuntansi 1 di jam terakhir. Ngajar IPS. Suara saya semakin serak. Untunglah anak-anaknya baik-baik. Fuiiihh...

Conclusion di hari pertama: Capeeekkk...tapi thank goodness semuanya berjalan lancar :) 



Share:

0 komentar:

Posting Komentar