, , ,

SISTEM INFORMASI JUAL BELI #1

Hmmm...saya pikir saya perlu sebuah sistem informasi untuk mengatur penjualan saya. Try to make it seperti waktu kuliah dulu. Tapi tentu saja dalam versi yang jauh lebih simple dan santai :D

Ok, here we go:

Pertama, saya akan menyusun alur pengembangan sistem. Dimulai dari:

  1. Analisis permasalahan;
  2. Analisis kebutuhan sistem;
  3. Perancangan sistem;
  4. Coding; dan
  5. Testing.
dengan jadwal sebagai berikut:



Dihari pertama ini saya akan membuat analisis permasalahan dan analisis kebutuhan sistem.

ANALISIS PERMASALAHAN

Analisis permasalahan merupakan langkah untuk memahami permasalahan serta tindakan yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Permasalahan

Saya menjual beberapa barang secara langsung. Pembayaran bisa dilakukan oleh pembeli secara langsung 1 kali bayar dan boleh juga dalam 5 kali bayar dalam jangka waktu 5 bulan. 

Permasalahan terjadi saat pembayar yang membayar belanjaannya dalam waktu 5 bulan. Sering kali pembeli yang sama membeli beberapa barang di bulan yang berbeda. Pembeli sering menanyakan berapa total belanjaan yang harus dibayarnya setiap bulan..

Permasalahan-permasalahan tersebut bisa didefinisikan sebagai berikut:
  1. Permasalah dalam menghitung total belanja yang belum dibayar pembeli tersebut.
  2. Permasalahan dalam melihat sudah berapa kali pembeli tersebut membayar barang-barang belanjaannya.
  3. Permasalahn dalam melihat berapa keuntungan yang di dapat dari penjualan tersebut.
Penyelesaian Permasalahan dengan Sistem Informasi Jual Beli Sijuli

Sistem informasi yang dibuat selanjutnya akan disebut Sijuli. Sijuli akan menghasilkan informasi berapa total belanja yang belum dibayar oleh si pembeli. Sistem informasi ini  juga dapat menghasilkan informasi berapa kali pembayar tersebut sudah membayar. Termasuk informasi apakah belanjaan pembeli tersebut sudah dibayar lunas dan histori belanja pembeli tersebut. Sebagai tambahan, sistem informasi ini juga dapat memberikan informasi mengenai barang-barang yang selama ini telah telah terjual beserta jumlahnya. Karena barang yang diinginkan pembeli langsung dipesan, maka tidak ada stok data barang. Sistem ini juga dapat menghasilkan informasi berapa keuntungan yang diperoleh dari setiap barang.

Pada awalnya Sijuli akan menerima masukan data pembeli dan data barang yang dibeli oleh pembeli dan data transaksi. Data pembeli terdiri dari id pembeli dan nama pembeli. Data barang terdiri dari id barang, nama barang, harga barang, dan referensi barang. Data transaksi terdiri dari id transaksi, tanggal pemesanan, tanggal barang datang, tanggal bayar, dan jumlah bayar.

Dari ketiga kelompok data ini, Sijuli akan mengolah dan menghasilkan informasi seperti yang diharapkan di atas.

ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM

Analisis kebutuhan sistem merupakan langkah untuk mengumpulkan dan mendefinisikan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sistem yang akan dibangun.

Sumber Data

Sumber data yang diperlukan Sijuli adalah berupa data internal. Data internal merupakan data yang disimpan dalam satu atau beberapa tempat dalam suatu organisasi. Data ini mengenai orang, produk, servis, dan proses. 

Didalam sistem ini data internal-nya berupa data pembeli dan data barang yang dibeli oleh pembeli dan data transaksi.

Kebutuhan Fungsional Sistem

Kebutuhan fungsional sistem berkaitan dengan fitur perangkat lunak yang ingin dibuat. Di dalam sistem ini kebutuhan fungsionalnya adalah:
  1. Adanya fitur untuk menginput data pembeli, data barang dan data transaksi.
  2. Adanya fitur untuk menghasilkan informasi pembeli beserta data barang yang dibelinya dan transaksi yang telah dilakukannya.
  3. Adanya fitur untuk menampilkan data barang yang sudah terjual beserta jumlahnya.


Yap, cukup untuk hari ini. Besok insya Allah kita lanjutkan dengan perancangan kebutuhan sistem. 

See yaa ^_^



Share:

0 komentar:

Posting Komentar