Limited or No Connectivity Problem

12 Juni 2012

Hari ini title S.Kom dibelakang nama saya bikin masalah. Saat tugas jaga di meja pelayanan perpustakaan tempat saya magang, ada seorang mitra yang minta tolong karena laptop sama hotspot nya g mau konek. Setelah saya lihat, ternyata t jaringan konek aja, cuman ada tulisan limited or no connectivitynya. Ironisnya, saya juga baru saja mengalami hal yang sama di netbook saya sendiri dan tidak tahu apa solusinya. Saya pun dipercaya oleh senior untuk menyelesaikan masalah tersebut. Padahal sebagai seseorang yang suka ngoding php waktu kuliah, saya juga sama katronya dengan beliau sama masalah networking ini. Ketika beliau menanyakan kenapa masalah limited or no connectivity itu muncul, saya g bisa jawab. Haduh malunya. Untunglah setelah di disconnect dan di connect kan beberapa kali, tulisan limited or no connectivity di komputer mitra hilang dan koneksi nya bisa berjalan lancar. Karena penasaran, saya pun googling sebentar, ada beberapa penyebab yang katanya bisa memunculkan masalah limited or no connectivity Wi-Fi ini. Kemungkinan besar untuk kasus saya adalah karena security key nya tidak di set dengan benar atau alokasi IP nya habis. Terus solusinya??? :'(

19 Juni 2012
Thank godness akhirnya saya bisa menyelesaikan masalah limited or no connectivity di netbook saya sendiri dan juga netbok-netbok pengunjung lain. Ternyata masalahnya gara-gara setting IP nya g otomatis. Setelah di set otomatis, akhirnya mau juga, fiiiiuuhh....sepanjang masa magang saya, banyak sekali ketemu masalah yang beginian. Berikut bagaimana cara setting IP otomatis:

  • Klik kanan pada icon internet network pada taskbar. Klik Open Network and Sharing Center



  • Ketik network di Control Panel Search dan klik View Network Connection


  • Klik kanan network connection yang ingin kita set IP otomatisnya, pilih Properties

  • Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties

  • Pilih Obtain an IP address automatically (kalau saat dibuka sudah terset otomatis, tetap pilih Obtain an IP address automatically)


  • Klik OK
  • Maka tanda limited or no connectivity akan hilang. Selamat mencoba.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar